Soal ASPD SD 2025

soal ASPD SD 2025

Buat adik-adik yang sekarang duduk di kelas 6 atau kelas 9 SMP, mulailah bersiap menghadapi ASPD tahun 2025. Dalam artikel ini, kami telah menyediakan kumpulan soal ASPD SD 2025 yang dapat membantu kalian mengasah kemampuan literasi, sains, dan numerasi.

Bagaimana Persiapan Menghadapi Ujian ASPD?

Intinya adalah dengan berlatih soal sebanyak-banyaknya. Untuk itu, dalam artikel kami akan organisir file-file soal ASPD dari tahun lalu agar dapat digunakan untuk latihan soal di rumah. Buat yang belum begitu familiar dengan ASPD (mungkin siswa pindahan dari luar kota), berikut ini kami cantumkan sedikit tentang seluk belum ASPD, dan kenapa DIY masih menggunakan ujian ini sementara sekolah-sekolah di luar SD sudah tidak menggunakan ujian akhir seperti ini lagi.

ASPD (Asesmen Standar Pendidikan Daerah) merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mengukur kompetensi literasi dan numerasi peserta didik. ASPD DIY 2025 dirancang tidak hanya sebagai alat evaluasi, tetapi juga sebagai dasar pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pengembangan kualitas pendidikan di daerah.

Apa Itu ASPD?

ASPD adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi literasi dan numerasi peserta didik dalam lingkup daerah. Berbeda dengan ujian nasional, ASPD tidak menentukan kelulusan peserta didik. Fungsi utama ASPD adalah mendapatkan data sekunder mengenai mutu pendidikan dan mengidentifikasi kesenjangan dalam sistem pendidikan. Dengan data ini, perbaikan dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan, sehingga hasil belajar peserta didik dapat terus meningkat.

Tujuan ASPD

Ada beberapa tujuan utama dari pelaksanaan ASPD DIY 2025:

  1. Pengembangan Kompetensi Peserta Didik: ASPD dirancang untuk memantau perkembangan kompetensi literasi dan numerasi siswa. Meskipun tidak digunakan sebagai penentu kelulusan, ASPD dapat menjadi dasar perbaikan dalam proses pembelajaran.
  2. Pemantauan Mutu Pendidikan: ASPD bertujuan untuk mengidentifikasi perkembangan mutu dan kesenjangan dalam sistem pendidikan. Hasil dari ASPD dapat digunakan sebagai salah satu alat seleksi untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.
  3. Evaluasi dan Perbaikan Sistem Pendidikan: Dengan data yang diperoleh dari ASPD, pemerintah dan sekolah dapat melakukan evaluasi dan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di DIY.

Bagaimana ASPD Dilaksanakan?

ASPD 2025 mengadopsi praktik terbaik dari Program for International Student Assessment (PISA)1adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Setiap 3 tahun, murid-murid berusia 15 tahun dari sekolah-sekolah yang dipilih secara acak, menempuh tes dalam mata pelajaran utama yaitu membaca, matematika dan sains. Tes ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan. Indonesia telah berpartisipasi dalam studi PISA mulai tahun 2000.. Pelaksanaan ASPD berbasis komputer sudah diterapkan di seluruh kabupaten dan kota di DIY. Penjenjangan soal ASPD dibagi menjadi tiga level yang dirancang untuk mengukur berbagai aspek literasi dan numerasi peserta didik.

  • Literasi Sains dan Numerik:
    • Level 1: Pengetahuan dan Pemahaman (25%)
    • Level 2: Penerapan (50%)
    • Level 3: Penalaran (25%)
  • Literasi Baca Tulis:
    • Level 1: Menemukan Informasi (25%)
    • Level 2: Interpretasi dan Integrasi (50%)
    • Level 3: Evaluasi dan Refleksi (25%)

Bentuk soal dalam ASPD sendiri terdiri dari dua jenis: Pilihan Ganda (60%) dan Pilihan Ganda Kompleks (40%). Soal-soal ini dirancang untuk menguji kemampuan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah siswa.

Kumpulan Soal ASPD SD 2025

kumpulan soal ASPD SD DIY 2025
kumpulan soal ASPD SD DIY 2025

Berikut ini adalah tautan menuju kumpulan soal ASPD SD 2025.

Dikarenakan satu dan lain hal, untuk download file silakan langsung kontak nomor 0823-1440-5995. Ukuran file ~250MB.

Soal ASPD Matematika (Numerasi) SD 2025

Kumpulan soal ASPD Matematika Kelas 6 PDF

Soal ASPD IPA (Sains) SD 2025

Soal ASPD Bahasa Indonesia (Literasi) SD 2025

Artikel ini akan kami coba untuk update terus, jadi silakan bookmark dan pantau terus untuk mengetahui perkembangan terkini.

  • 1
    adalah suatu studi untuk mengevaluasi sistem pendidikan yang diikuti oleh lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Setiap 3 tahun, murid-murid berusia 15 tahun dari sekolah-sekolah yang dipilih secara acak, menempuh tes dalam mata pelajaran utama yaitu membaca, matematika dan sains. Tes ini bersifat diagnostik yang digunakan untuk memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan sistem pendidikan. Indonesia telah berpartisipasi dalam studi PISA mulai tahun 2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *